Selasa, 15 April 2014

Jangan Minder Salah Jurusan!!


kalau lagi ngeblog gini emang nggak bohong paling enak ditemenin sama segelas kopi susu dan kamu, meskipun kopinya jadi pahit karena manisnya di kamu. behhh

coba tebak ada yang beda loh dari blog ini udah pada tahu kan?
iya beberapa hari yang lalu gue coba memperbarui tampilan blog
biar pembaca nggak bosen dan lebih enak dilihat hehehe

sekolahnya? kuliahnya apa kabar? tugasnya? semoga aman-aman saja ya' 
buat temen-temen SMA/SMK/MA Sederajat yang lagi UN semangat ya tahun depan gue nyusul UNnya semoga sukses dan lulus dengan hasil yang memuaskan. amin

gue lagi pengen bahas tentang salah jurusan nih
pada punya teman salah jurusan? atau kamu sendiri yang salah jurusan?
santai aja gue juga bisa dibilang orang yang salah jurusan , bahkan sampe naik angkotpun gue sering salah jurusan.

gue ini anak jurusan rekayasa perangkat lunak (software engineering) yang biasa dikelilingi coding-coding bahasa pemrograman, mesikipun udah biasa bukan berarti gue paham sama materinya , mungkin karena banyak temen yang bilang passion gue di desain emang nggak dipungkiri gue lebih suka sama yang namanya gambar , bikin artwork entah itu digital ataupun manual gue lebih tertarik kesitu meskipun kemampuan adobe gue juga enggak seberapa.

nah kenapa nggak masuk DKV van?

bukannya gue nggak mau masuk DKV tapi....
jadi gini ceritanya waktu pendaftaran murid baru SMK secara online dikota gue setahun yang lalu , gue minat dan pengen banget masuk jurusan MM (Multimedia) karena banyak temen dan kakak kelas gue ngomong kalau dijurusan MM kamu bakalan dapat materi yang macam-macam dan luas . nah dari situ gue udah fokus pengen masuk situ. pendaftaran dilakuin 3 hari secara online gue daftar dihari terakhir kerena gue nggak mau kegeser dan akhirnya nggak bisa keterima di SMK pilihan gue , hari pertama gue optimis karena yang daftar dijurusan itu (MM) nemnya masih dibawah gue , gue masih santai keesokan harinya gue cek lagi dan ternyata perubahan nem yang daftar cepet banget udah mepet sama nem gue. gue udah mulai  bingung nih kalau nggak bisa masuk MM gue pilih jurusan apaan? gue nggak ngerti jurusan-jurusan gitu emang gue kurang cari info tentang jurusan-jurusan itu tiba-tiba bola mata gue ngelihat jurusan "REKAYASA PERANGKAT LUNAK(RPL)" jurusan apaan tuh? fikiran gue disitu bakalan diajarin ngerekayasa sesuatu pastinya,termasuk ngerekayasa cinta bisa juga kali asik dong :3. 

dari pada pikiran gue makin sesat gue browsing dah ternyata jurusan itu masih ada hubungannya sama internet dan laptop. gue tertarik dah dan salah satu meteri MM ada disitu ya udah gue putusin jurusan RPL buat jadi jurusan pertama waktu daftar , nah jurusan kedua buat antisipasi gue pilih jurusan DKV , kerena jurusan itu paling aman buat gue kalau semisal gue kegeser dari RPL nemnya juga masih dibawah gue , diMM gue udah hilang harapan karena nem terendah disitu 38,00 nem gue nggak sampe segitu. waktu itu gue bener-bener nggak tahu DKV tahu gue cuma DKV bikin iklan-iklan , sablon gitu. tapi ternyata gue salah. singkat cerita akhirnya gue keterima dijurusan RPL namun sebagai salah satu murid yang salah jurusan dan belum paham bener apa materi RPL.

nyesel kagak van?

kalau dibilang nyesel sih pasti ada nyeselnya tapi mau gimana lagi yang milih jurusan itu gue sendiri gue harus tanggung jawab dong *hasek . lagian gue sekarang udah kelas 11 artinya gue udah setahun dijurusan itu kalau mau pindah jurusan nggak mungkin, so gue ngejalanin saja sekarang, karena ini juga udah direncanai sama tuhan dan gue percaya itu.

dari pengalaman itu gue cuma mau ngingetin kekalian yang bentar lagi masuk perguruan tinggi dan sekolah baru,pilih jurusan yang sesuai minat dan passion kamu jangan pilih jurusan karena ikut-ikutan,atau karena paksaan cari info sebanyak-banyaknya tentang jurusan-jurusan yang kamu pengen. buat kalian yang udah terlanjur salah jurusan kaya gue jangan berkecil hati tetep percaya diri saja, jangan mau kalah menonjol dari temen kamu yang pinter banget materi jurusan , kalian bisa nonjolin apa yang nggak mereka bisa dijurusan itu , explore dan tunjukin apa yang kamu bisa. kalau mereka bisa menonjol dengan jago materi jurusan , kamu juga bisa menonjol dengan apa yang kamu bisa diluar materi jurusan entah itu bisa desain, puisi,cerpen,teater atau yang lainnya tunjukin saja dan ingat.

salah jurusan bukan berarti salah masa depan 

sekian postingan gue kali ini dan buat kalian yang punya pengalaman kaya gue bisa kali dishare dikolom komen :p


danke
aufwiedersehen…..

32 komentar:

  1. oleh tak cieein orak? hahahah...
    Gue belom bisa bilang gue ketemu sama passion, yang ada gue tetep ngejalani semuanya walau terkadang bosen tapi bakal kepengen lagi ngelakuin walau nggak jago juga.. entah urusan sama gambar, ngeblog, mainan,sepeda, dan jadi engineer sesungguhnya nanti :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah yang ngomong kan temen gue :3 .gue juga baru ngerasa sekedar lebih tertarik kesitu , nah kalau mas bayu kan paham materi teknik fisika , dan emang udah punya tujuan disitu :3 nah aku blm nemuin tujuan itu dan ketertarikan yg lebih sama jurusanku :D

      Hapus
    2. isek lebih penting tujuan hidup :p

      Hapus
  2. Gue juga bisa dibilang salah jurusan, dulu masih polos, lugu dan gaptek bgt jadi ikutin kata bokap. Smk masuk akuntansi, pas kelas tiga mulai depresi sama semua materinya dan mulai tertarik sama dunia desain, but well..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua harus bisa dilaluin meskipun kadang berat :))

      Hapus
  3. Setuju banget! Salah jurusan bukan berarti salah masa depan, dan salah jurusan menurut gue nggak berarti otaknya pas-pasan. Apalagi gue, kelas 10 udah dikasih pilihan peminatan yang kampret abis :') wish you luck ya.. Btw tuh fotonya tjakep haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah iya bener mending disiapin dari kelas 10 kan lebih cepat lebih baik hahahah
      foto yang mana? efek kamera kali~ xD

      Hapus
  4. Hehehe iya bener salah jurusan itu bisa jadi memang yang terbaik yang dikasih Tuhan buat kita. Jadi kenapa harus menyesal dan menyalahkan keadaan? Semangat terus menggapai impian ya.
    Oh iya baru pertama kali ke sini, jadi ngga tau deh penampilan yang lama kaya gimina. Salam kenal ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat !!! hahaha selamat datang sebenernya mau upload snapnya tammpilan lama tapi lupa belum disnap heheheh ,salam kenal juga terima kasin sering-sering kesini bisa kali :3

      Hapus
  5. Gue juga salah jurusan. Gue juga ntar mau masuk DKV pas kuliah. Tapi ya, emang gue salah jurusan sih. Mau dijalani gimanapun, gue gak berkembang disana. Dan gue memutuskan kelas 11 bakal pindah ke IPS (asalnya IPA). Doa'in ntar gue sukses yaa :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sukses amin-amin :))) makasi udah mampir

      Hapus
  6. Lah ini mirip banget sama kehidupan gue :))
    Gue kebetulan di jurusan RPL juga, dan ini mirip persis sama apa yang gue alamin.
    jangan - jangan kita kembar :'| *abaikan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha jangan-jangan kita kembaran yang terpisahkan kamu dibuang ditong sampah aku di selokan :"))) .

      Hapus
  7. Jadi inget kata-kata yang diiklan, kadang yang salah itu membawamu pada suatu kebenaran :D
    Oh iya, RPL itu matakuliah saya semester lalu, saya suka sama matakuliah ini karena dosennya baik hati dan tidak galak sih :3 *curcol dah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga saja bnran membawah kebenaran amin-amin makasi udah mampir ya :))

      Hapus
  8. Salah jurusan gak apa-apa, yang penting coba dulu aja, mungkin bakat kita di jurusan itu belum keluar sepenuhnya.

    Wah, ternyata suka desain juga ya? Kebetulan saya anak MM nih hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya . wihh anak MM keren nih bagi pengalaman bisa kali :)))

      Hapus
  9. Ah bener nih. Gue juga bisa dibilang salah jurusan. Masuk Farmasi, padahal otak gak kuat buat hafalan. Apa lagi ketemu bahasa latin yang dipake di dalam resep obat. Masuk farmasi juga karna satu alasan, suka bau obat. Skrg udh kelas 11. Bener, jalanin aja. Pasti ada jalannya. Hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga udah diatur dan persiapakan :))) semangat ya kita!!

      Hapus
  10. Ada benernya nih postingan dan pemikiran loe :D tapi semua balik dan tergantung individunya masing-masing, hihi. gue juga dkv, di dkv nggak segampang yang dibayangkan cuma sablon2 atau apalah, tapi ya gitu haha, asyik tapi njlimet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah sesulit dan seribet apapun kalau kita mencintai hal itu pasti nggak kerasa nof susah dan ribetnya :))) btw long time gak lihat kamu kesini nof :p

      Hapus
  11. Bermanfaat banged nih postingannya! Mudah-mudahan gue gak salah pilih jurusan untuk jenjang per-Kul gue nanti.. :D Good, tampilannya ini lebih keren dari pada tampilan yang sebelumnya

    BalasHapus
  12. Oh SMK toh, kirain di kuliah Van. Berhubung gue pernah sekali pindah kampus, menurut gue ketika ngerasa gak sreg sama jurusan, pilihannya cuma dua: buru-buru keluar atau mau gak mau stay. (dengan beberapa pertimbangan pastinya).

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gue baru SMK nih heheheh , iya gue pengen stay karena inget dulu perjuangan masuk sini kaya gimana heheheh , btw makasi ya udah mampir :))

      Hapus
  13. Tergantung kita juga si, gimana cara kita ngadepinnya, kalo kita semangat ya pasti kita jalanin tuh sekolah/kuliahnya walaupun salahh ngambil jurusan

    BalasHapus

Membaca itu baik tapi lebih baik membaca dan berkomentar :p